0
18 Mei


Rumahc.blogspot.Com: Jalan raya makin macet dan makin banyak orang tidak mau antri adalah dua pertanda tidak baik. Hal yang tidak baik di jalan raya adalah “cermin” masih banyaknya jumlah keluarga yang tidak baik. Lalu, apa dong tanda keluarga yang baik?.

Pembaca yang berbahagia,

Menurut hadis Nabi, ada Lima Tanda Keluarga Yang Baik atau Bahagia

1. Cenderung kepada agama/dien (gaya hidup Islami)
2. Yang muda hormati yang tua
3. Pergaulannya lemah lembut
4. Gaya hidupnya sederhana
5. Introspeksi dan bertobat jika bersalah (HR Ad-Dailami)

Keluarga yang cendrung pada gaya hidup islami itu lebih sabar di jalan raya, lebih rapi, dan berbaris antri. Merekabertawakkal bahwa rezekinya tidak akan tertukar diserobot orang hanya karena berebutan inginduluan di jalan. Keluarga yang baik pun menghormati orang yang lebih tua, termasuk di jalan raya. Mereka itu mendahulukan orang yang lemah dan menghormati yang lebih tua.

RUJUKAN HADIS


"Apabila Allah menghendaki sebuah keluarga menjadi keluarga yang baik, maka Allah memberikan mereka: kecenderungan senang mempelajari ilmu-ilmu agama, yang muda-muda menghormati yang tua-tua,Pergaulannya Lemah lembut, gaya hidupnya sederhana, menyadari kekurangan/introspeksi diri dan bertobat. Jika Allah tidak menghendaki demikian, maka mereka dibiarkan tanpa hal-hal tersebut”

(HR Ad-Dailami)

Pustaka


2009. Yani, Ahmad. Panduan Memakmurkan Masjid. Depok: Al-Qalam Kelompok Gema Insani Press.


Dikirim pada 18 Mei 2015 di Gaya Hidup


Pembaca yang budiman, hari ini sy berbagi info usir setan:

Adakah Rumah yang terasa adem WALAUPUN tanpa AC?,ADA,
Apa tandanya? Tandanya, rumahnya tenang, adem KARENA rumah itu setiap hari dibacakan ayat-ayat Al-Quran.

Sebaliknya, ada rumah seperti kuburan, penghuni dan tamunya tidak betah berlama2 di rumah tsb, walaupun rumahnya ber-AC tapi terasa gerah karena ada setan ikut tinggal di dalamnya.
Lalu, Bagaimana cara membuat setan pergi dan lari?


bacakan surah Al-Baqarah.
RUJUKAN

Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surah Al-Baqarah di dalamnya.”


(HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)




Jangan Memaki Setan
Ketika sedang marah, kadang orang kelepasan memaki-maki setan. "Setan!" "Dasar Setan!" Dsb. Ternyata memaki setan itu membuat setan makin sombong dan membesar sebesar rumah dst.

“Janganlah kamu ucapkan ‘celakalah setan”, karena jika kamu mengucapkan demikian, setan akan semakin besar seperti rumah. Lalu setan pun dengan sombongnya mengatakan, ‘Itu semua terjadi karena kekuatanku’. Akan tetapi, ucapkanlah “Bismillah”. Jika engkau mengatakan seperti ini, setan akan semakin kecil sampai-sampai dia akan seperti lalat.”


(HR. Ahmad 5:95 dan Abu Daud 4982)

catatan kuliah subuh

Dikirim pada 27 April 2015 di Gaya Hidup
27 Mar


bismillah,
assalamualaikum pembaca....

Pantun adalah cermin yang memantulkan peristiwa yang ada di dunia nyata
(karya sastra pendekatan mimesis)


Pantun pun adalah puisi lama

Puisi Lama yang tidak sembarangan dalam membuatnya.
Puisi baru tanpa aturan baku
Puisi lama ada aturannya:

Ab-ab

btw, sudah lama saya tidak membuat blog karena dahsyatnya pengaruh media sosial di ponsel. kini saya berusaha berbagi lagi lewat blogm dengan membuat ebook, misalnya ebook pantun ini

silakan diunduh atau baca di sini


Cinta 5
Sering Bertemu 7
Witing Tresno 8
Too Much Love Will Kill You 10
Satu Hati 11
Salah Tingkah 12
Cantik Hati 14
Pandang Tak Jemu 15
Nikah Kok Online? 16
Jangan Meledek ‪‎Jomblo 17
Nafsu Kaya 18
Jomblo & Menikah 19
Ingin Kaya 20
Rezeki 21
Semakin Kaya 22
Semua Naik Motor 23
Main Whatsapp 24
Malam Minggu 25
Capek Kerja 26
Lucunya Anak Sekarang 27
Berjaya & Mimpi 28
Autopilot 29
Jawab Salam 30
Pendidikan 32
Guru 32
Tawuran 37
Kurikulum 38
Rangking 39
Buruk Sangka 40
Jangan Sia-Sia 41
Cantik dan Aurat 42
Pedagang Kecil 43
Rezeki Tidak tertukar 45
Jaga Image 46
Rendah Hati 47
Gaya Pakaian 48
Makin Terbalik 49
Pantun Minang 51
Pantun Betawi 52
Pantun Untuk TV 53
RTV Kado Tahun Baru 53
NET TV: BSWayang 54
Masih Sedikit 56
Iri Orang Kaya 57
Jago Komen 58
Sok Pahlawan 59
English Love 60
Berterima Kasih 61
Minta Tolong 62
Syukur Bahagia 63

Biodata Penulis 66

silakan diunduh atau baca di sini

Dikirim pada 27 Maret 2015 di Gaya Hidup
08 Des


Bismillah, wahai kawan sahabat abatasa.
saya mempunyai kisah diambil dari kisah nyata, empat jenis orang yang jika bersatu padu akan menghasilkan suasana yang nyaman,

akan tetapi jika bercerai dan saling masa bodoh, maka akan menghasilkan anak ayam kehilangan induknya, atau bagaikan pesawat autopilot tanpa ada pilotnya.
selamat membaca di sini


Dikirim pada 08 Desember 2014 di Gaya Hidup

Cinta menimbulkan rasa
Karena cinta, timbul rasa bangga, rajin menyebut nama yang dicinta, tanpa sadar lebaynya penyebutan nama. membuat pihak lain benci.
Begitupula sebaliknya.
Agar tidakdemikian. Bangkitkan rasa cinta, ganti sebut2 nama selain Allah dengan sering menyebut nama Allah. Maka akan timbul rasa cinta di antara kita
Bersatu......... Dalam taat dan rasa cinta kepadaNya

Dikirim pada 07 November 2014 di Gaya Hidup

Siapa saja orang yang ingin menikah, syaratnya menjadi orang yang disayang, disayang menjadi orang yang menyenangkan.
menjadi Orang yang menyenangkan yg tandanya ada tiga:
1.Orang yg hadir lalu membuat hati kita bahagia
2.Orang yang lembut kata-katanya
3.Orang yang tidak suka berdusta
Selamat mencoba
#catatanNas
@AnasRumahbaca
Penulis Buku
"Taaruf Lucu dan Berkesan"

Dikirim pada 28 September 2014 di Gaya Hidup


Saat anda tersesat,lalu ada orang yang menunjuki arah jalan yang benar sehingga anda sampaitujuan, maka anda berterima kasih padapenunjuk jalan yang benar tsb. Lalu Bagaimana caranya berterima kasih padanya?,dengan ucapan terima kasih dan dengan senyuman yang tulus ikhlash.

Begitupulaorang yang menunjuk pada kebaikan, mereka akan mendapat kebaikan juga sebagai imbalan(pahala) langsung dariAllah.


“Siapa saja yang menunjukkan kepadakebaikan
maka ia mendapat pahala sebagaimanaorang yang mengerjakanya.”
(HRMuslim)


BahkanBukan hanya dari Allah, manusia para penunjuk jalan kebaikan itu akan“didoakan” oleh para malaikat-Nya dan penghuni bumi dan langit sampai semut

Sesungguhnya Allah, paramalaikat-Nya dan penghuni bumi dan langit sampai semut yang berada di lubangnyadan bahkan sampai ikan benar-benar bershalawat atas pengajar manusia kebaikan

[Haditsriwayat Tirmidzi].”

Termasukmendapat kiriman pahala dari orang yang ikut melakukan kebaikan.:


‘Siapa saja yang mengajak ke jalanhidayah maka baginya pahala seperti pahala yang mengikutinya dengan tidakmengurangi sedikit pun dari pahala mereka

danSiapa saja yang mengajak ke jalankesesatan maka menanggung dosa sebanyak dosa pengikutnya dan tidak mengurangidosa-dosa mereka sedikit pun.”

(HRMuslim)


Dengan demikian, manusia akan lebih bersyukur< seperti gambar di bawah ini, anda yang mana? :)





Catatan Subuh: Bab Riyadhush Shalihin

SUMBER GAMBAR


https://id-id.facebook.com/muslimshowindonesia

Dikirim pada 15 Juni 2014 di Gaya Hidup



PublicFriendsFriends except acquaintancesOnly MeCustomClose FriendsFLP Cabang DepokSee all lists...CMQwalimahtaarufDepok AreaSMA Negeri 2penulistetanggeANTOLOGIsiswa lp3iFamilynikahnetUniversitas Indonesiacalonpembelihasil onlinesiswa LIASMA 2taadudUIsaudaraPEMBELI JAKATAARUFonline bisnisnonissmp 3penerbitb arabBLsalLUKISTeacherFreelance WriterAcquaintancesGo Back

sudah kaya tapi kenapa belum bahagia?
sudah menikah kenapa belum bahagia?
sudah punya anak kenapa belum bahagia?
mengejar hidup bermobil mewah itu akan bahagia?

apa ada yang salah cara menuju bahagianya?


Manusia harus berusaha untuk menjadi Bahagia,

5 Hal Penting Untuk Bahagia

#1. Berusaha Melaksanakan Ibadah tambahan (sunnah) setelah ibadah wajib, contoh ibadah sunnah
Dhuha
Tahajjud
Saum senin kamis
Rawatib
Menjaga wudhu
Muhasabah (Evaluasi):
Setiap malam menghitung dosa diri sendiri lalu istighfar 70-100x (usahakan lebih dari itu), memaafkan kesalahan orang lain, menghapus rasa benci dan dendam kesumat.Membaca doa sebelum tidur

#2 Bacalah Dua Buku Perbulan Lalu Ringkaslah Seperti contoh Ini:

"Nikmatnya Mengenal Rasul, Rasulullah Nabi Muhammad, SAW. "

Buku sirah nabawiyah yang disusun oleh Ridwan Yahya ini disajikan secara praktis, dengan bahasa yang sederhana sehingga lebih mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.
Kelebihan lain dari buku tersebut ialah menyajikan secara singkat tetapi padat sirah (rincian) kehidupan Nabi semenjak lahir (silsilah keturunan), ciri fisik, keluarga, peristiwa menikah, sampai wafat.
Dengan membaca buku tersebut maka kita menjadi lebih cinta Rasulullah Nabi Muhammad, SAW.
Seperti kata pepatah
Tak kenal maka tak sayang
Tak sayang maka tak cinta
Jika mengaku cinta Rasul, kita harus mengenal Rasulullah Nabi Muhammad, SAW.

Buku "Jangan Menjadi Penulis Profesional Jika Ingin Rugi"
Buku dengan sampul yang sangat sederhana tetapi cukup bagus isinya. Isinya memberi petunjuk bagaimana menulis yang baik, apa manfaat menulis sebagai media berbagi ilmu untuk semua profesi: dai, dokter, penyair dsb.

Penulis bisa memulai dengan membuat karya yang mudah dan sederhana. Tidak perlu membuat buku-buku yang tebal. Tetapi mulailah dengan tulisan yang pendek, singkat dan bermanfaat.

#3. Paham dan amalkan Cara membina keluarga sakinah ialah :

Keluarga sakinah dibangun dengan sejak kita memulai memilih pasangan, yaitu memilih pasangan yang saleh/saleha bukan semata-mata karena rupa dan harta.
Bagaimana bila sudah telanjur memilih yang kurang saleh/saleha?
Masih bisa diperbaiki dengan doa-doa dan usaha, memohon ampun beristighfar setiap hari, menghidupkan bacaan AlQuran di rumah setiap hari.
Memperbaiki komunikasi antar suami istri dan anak, agar setiap masalah yang ada, dapat segera bertemu jalan keluar dari masalah yang ada. Masalah yang besar menjadi kecil dan selesai dengan damai, rasa damai yang akan menimbulkan hati tenang, tenang adalah sakinah. Rasa tenang itu hanya dirasa di hati yang selalu mengingat Allah.

#4. Memahami Rasul dalam:
A. Cara berbicara
Seiring dengan sifat dan sikap beliau yang agung, tutur kata Rasulullah SAW pun sangat mengagumkan. Berikut adalah beberapa hal tentang tutur kata beliau berdasarkan keterangan para sahabatnya:

Beliau berbicara dengan nada perlahan;
Beliau berbicara dengan kata-kata yang jelas dan terang sehingga mudah dihafal oleh orang yang mendengarnya;
Dalam berkomunikasi, beliau memperhatikan tingkat intelektualitas dan pemahaman lawan bicaranya;
Tutur kata beliau sangat teratur, setiap untaian kata tersusun rapi;
Beliau sudi mengulang perkataannya agar dapat dipahami.
Referensi:

Aisyah radhiyallahu anha: “Rasulullah tidaklah berbicara seperti yang biasa kamu lakukan (yaitu berbicara dengan nada cepat). Namun beliau berbicara dengan nada perlahan dan dengan perkataan yang jelas dan terang lagi mudah dihafal oleh orang yang mendengarnya.” (HR. Abu Daud)
‘Aiysah radhiyallahu ‘anha berkata: “Tutur kata Rasulullah sangat teratur, untaian demi untaian kalimat tersusun dengan rapi, sehing- ga mudah dipahami oleh orang yang mendengar- kannya.” (HR. Abu Daud)
Anas bin Malik Radhiyallahu anhu mengatakan: “Rasulullah sering mengulangi perkataannya tiga kali agar dapat dipahami.” (HR. Al-Bukhari)

sumber http://cara-muhammad.com/peri.../cara-bicara-rasulullah-saw/



B. Apa yang disukai


C. Yang tidak disukai



#5. Mengamalkan bagaimana menerapkan tauhid dalam kehidupan sehari hari.

Tauhid (Arab :توحيد) dilihat dari segi Etimologis yaitu berarti ”Keesaan Allah”, mentauhidkan berarti mengakui keesaan Allah; mengesakan Allah atau mengiktikadkan bahwa Allah SWT itu Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya.

Tauhid diambil kata : Wahhada Yuwahhidu Tauhidan yang artinya mengesakan. Satu suku kata dengan kata wahid yang berarti satu atau kata ahad yang berarti esa. Dalam ajaran Islam Tauhid itu berarti keyakinan akan keesaan Allah. Kalimat Tauhid ialah kalimat La Illaha Illallah yang berarti tidak ada Tuhan melainkan Allah. Sebagaimana yang difirmankan Allah SWT sendiri didalam surat Al-baqarah:163 yang artinya :
“Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

Ialah dengan yakin bahwa Allah sebagai satu-satunya yang disembah ditaati, ditakuti, dan diharapkan, satu (tauhid) dari kata Ahad (satu) Wahid (satu)

Contohnya
A. Yakin hanya Allah yang memberi dam mengatur jatah rezeki atau jodoh
B. Yakin hanya Allah satu-satunya Tuhan sebagai Rabb pemelihara semesta alam
C. Yakin bahwa hanya Allah yang patut disembah

Penerapan tauhid dalam kehidupan :
Contoh penerapan tauhid dalam kehidupan sehari hari adalah dengan selalu mentaati perintah Nya dan menjauhi larangan Nya, seperti beribadah, puasa, nadzar, berdoa hanya kepada Allah, ibadah apapun yg dilakukan semata mata diniatkan hanya karna Allah, tidak berlebih-lebihan dalam mencintai sesuatu. Tawakal dan bersabar dalam menghadapi musibah.

maka seorang muslim akan mampu menjalankan proses penghambaannya kepada Allah tanpa merasa berat dan terpaksa, karena hanya satu tujuan mereka hidup yaitu Allah SWT.

mulai hubungan antara manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan manusia lainnya, serta hubungan manusia dengan alam. akan terwujud secara selaras dan harmonis, karena memang itulah perintah Allah. Dengan mempunyai aqidah yang kuat, maka seluruh rintangan hidup dapat dilaluinya dengan baik dan ringan. Sehiongga Ada benteng yang kuat untuk mempertahankan diri dari pengaruh buruk globalisasi.


amalan tersebut diatas baru ngefek saat dilakukan dengan ikhlash bukan untuk pamer dan bukan untuk bangga diri dan menjauhi perbuatan haram

Dikirim pada 23 Mei 2014 di Gaya Hidup


Apa-apa ngomongin Istri
Memangnya hanya dia saja yang punya istri?

Istri lebay Apa-apa ngomongin suami
Memangnya hanya dia saja yang punya suami?

Memang Lu Doang

"Sorry gue buru-buru, ditunggu istri.” Kata seorang lelaki

Lebay banget sih loh, sejak merid, selalu bilang ditunggu istri
ditunggu istri
ditunggu istri
ditunggu istri
Memangnya lu doang yg punya istri, apa istri lu banyak? Perasaan cuma satu"
Begitu kata si Amir di dalam hatinya


Kayak Elu Aja Yang Punya Suami

“Soalnya suamiku suka itu, jadi tolong gue dong” kata seorang istri

“Lebay banget sih loh, sejak merid sejak merid, selalu bilang
Soalnya suamiku
Soalnya suamiku
Soalnya suamiku
Kayak Elu Aja Yang Punya Suami? “ Kata temannya

Ditulis oleh Anas Rumahbaca #memotret dunia nyata dengan kata-kata
Kunjungi dan baca webnya di
http://ayahara.abatasa.co.id/
http://rumahc.blogspot.com/
@ideanas
pin:24CB52A8

Dikirim pada 08 April 2014 di Gaya Hidup


Anda tahu tanggal lahir orang yang anda cinta itu biasa, yang luar biasa adalah ketika anda tahu hari dan tanggal lahir di tahun hijriah. karena nabi kita Nabi Muhammad, SAW menekankan pentingnya hijrah, sehingga kalender menggunakan nama hijriah dari kata hijrah yang maknanya pindah (change) dari keadaan buruk ke baik.
kalau anda mau tahu, klik dan atur tanda panah menuju tanggal lahir anda





Dikirim pada 25 Desember 2013 di Gaya Hidup
Awal « 1 2 3 4 » Akhir
Profile

Pada Tahun 2007, Lativi (TVOne) Meliput peresmian RumahCahaya (RC) Oleh Penulis Bunda HTR n Ananda Faiz, RC dapat menambah koleksi buku dari para Pembaca yang membeli Karya Kami dan siswa les pelatihan: secara tidak langsung menyumbang RC agar tetap terus berusaha mencerdaskan bangsa, aamiin... (Anas Mr AnasAyahara) More About me

@AnasRumahbaca
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 3.449.898 kali


connect with ABATASA